02 November 2009

Othak - Athik DNS

Belakangan ini koneksi data smart sudah lebih baik dari minggu2 sebelumnya. Dan koneksi yang didapat lumayan kenceng juga. Saya berikan applause buat Smart. Seperti janji saya sebelumnya yang akan memberikan applause kepada Smart jikalau koneksi datanya sudah waras atau setidak2nya lumayan waras dan jarang terjadi error seperti yang terjadi pada minggu2 sebelumnya. Dalam sehari, ketidakwarasan Smart hanya terjadi beberapa saat saja dan terutama terjadi pada siang hari disaat istirahat kerja. Dan untuk waktu2 selain itu lumayan kenceng juga.

Namun meski Smart sekarang sudah lumayan waras, ada trik dan cara2 lanjutan agar Smart yang sudah waras menjadi lebih kenceng koneksinya. Langkah ini hanya digunakan untuk Smart yang koneksinya sedang waras dan setidak2nya setengah waras. Dan langkah ini tidak berlaku ketika Smart tidak waras. Karena meskipun berusaha setengah mati untuk mempercepat koneksi Smart, namun jika koneksinya tidak waras apa gunanya. Saya teringat bahwa saya mempunyai akun di OpenDNS, sebuah perusahaan jasa penyedia DNS gratis yang bisa diandalkan kualitasnya. Akun yang telah saya buat lebih dari satu setengah tahun itu akhirnya saya tinggalkan dan saya memilih untuk membuat akun baru di OpenDNS. Dan ternyata setelah saya menggunakan OpenDNS, kecepatan menjadi lebih cepat dan stabil jika dibandingkan ketika saya menggunakan settingan default dari Operator Smart.
Sebelum mendaftar pastikan DNS modem anda sudah diset dengan parameter DNS dari OpenDNS yaitu DNS1: 208.67.222.222 dan DNS2: 208.67.220.220. Caranya adalah dengan masuk ke Control Panel kemudian pilih Phone and Modems Options. Pilih Modems dan kemudian pilih properties dari VIA Telecom CBP USB Modem. Setelah itu pilih saja Networking. Dan pada pilihan Internet Protocol (TCP/IP), klik saja properties. Pada opsi IP Address, biarkan saja pilihan di Obtain an IP address automatically. Dan pada opsi DNS, pilih opsi use the following DNS server addresses. Kemudian isi Preferred DNS Address dengan 208.67.222.222 dan pada kotak Alternate DNS server, isi dengan 208.67.220.220. Kemudian klik OK.



Setelah itu barulah masuk ke alamat http://www.opendns.com/. Ikuti langkah registrasi sesuai dengan kategori komputer anda. Apakah sebagai Home PC, Router, atau Server. Setelah selesai, confirmation email akan dikirim ke email anda sesuai dengan alamat email pada saat registrasi akun anda. Setelah masalah konfirmasi telah selesai. Barulah kita setting akun kita di OpenDNS. Yang pertamakali kita lakukan adalah melakukan setting IP address kita. Jadi OpenDNS hanya akan bekerja jika IP address kita telah terdaftar. Jika IP address kita belum terdaftar maka meskipun DNS kita sudah kita set sesuai dengan parameter OpenDNS, hal ini tidak akan memberikan efek apapun. Jadi jika kita yang berinternetan menggunakan kartu GSM ataupun CDMA dan sering ganti2 nomor, tentunya hal ini akan merepotkan juga. Karena setiap kali kita ganti nomor, maka kita harus registrasi IP kita di network OpenDNS. Untuk registrasi IP address, kita msuk saja ke menu Networks. Disana kita akan terlihat IP address yang kita gunakan. Klik saja Add this Network. Langkah yang sama kita lakukan jika IP address kita berbeda dari yang sebelumnya kita gunakan dan belum di registrasi di Open DNS. Setelah sukses, kita dapat mensetting kemanan dari koneksi yang kita gunakan, seperti memblokir situs2 porno, situs2 mana saja yang mengandung worms, spyware, dll. Jadi selain mempercepat koneksi, OpenDNS juga berfungsi sebagai pengaman.
Bagaimana jika kita sewaktu2 tidak ingin menggunakan OpenDNS lagi? Mudah saja, tinggal masuk saja ke Control Panel kemudian pilih Phone and Modems Options. Pilih Modems dan kemudian pilih properties dari VIA Telecom CBP USB Modem. Setelah itu pilih saja Networking. Dan pada pilihan Internet Protocol (TCP/IP), klik saja properties. Pada opsi DNS, pilih saja opsi Obtain DNS server address automatically. Selesai kan, kita nggak usah susah payah untuk menghapus IP address kita di akun OpenDNS. Selamat mencoba mendapatkan akses yang semakin cepat dengan koneksi data gratisan.









Berbagi Koneksi Internet (Smart Telecom)
17/02/2009
Setelah beberapa bulan memakai internet gratis dari program HP Haier Smart, baru hari ini terpikirkan untuk berbagi koneksinya dengan pc dirumah. Koneksi antara laptop-ku dan pc dengan menggunakan LAN (peer to peer). Dalam hal ini laptop saya buat sebagai tempat koneksi HP Haier-nya.
Langkah Pertama (pada laptop):
a. matikan dulu koneksi smart-nya
b. control panel – network connection – smart telecom – properties – advance

pada Internet Connection Sharing
c. contreng Allow other network user to connect through this computer’s Internet Connection
d. kemudian pilih jenis koneksi dengan komputer/laptop yang lain, bisa menggunakan Local Area Connection bila koneksi via kabel utp atau pilih Wireless Network Connection bila koneksi via wifi/wlan
e. klik OK, maka setelah itu IP pada koneksi yang anda pilih akan diubah menjadi 192.168.0.1

Langkah Kedua (pada PC):
a. control panel – network connection – local area connection – properties
b. Internet Protocol (TCP/IP) – Properties
c. tentukan IP, Gateway, DNS pada Pc seperti pada gambar ke dua
Langkah Ketiga
a. koneksikan/pasang kabel utp-nya ke pc dan laptop
b. aktifkan koneksi internet smart-nya
c. coba browsing pada pc, apabila belum bisa dipake maka cek pada seting IP dan Default Gateway.



















Koneksi Internet dengan Kartu CDMA Smart
Saya menggunakan ponsel Nokia CDMA 2865 dengan kabel data CA-53 (original Nokia), dan laptop dengan sistem operasi Windows XP Professional SP2. Aplikasi pendukung yang saya gunakan adalah Nokia PC Suite 6 (catatan: saya mencoba dengan Nokia PC Suite 7, ternyata mengalami kesulitan dalam deteksi ponsel Nokia CDMA 2865).
Pertma-tama yang harus kita lakukan adalah melakukan hal yang wajib diseting terlebih dahulu dalam melakukan sinkronisasi ponsel sebagai modem. 2 bagian yang perlu dilakukan dalam koneksi internet ini, pertama melakukan seting modem ponsel, dan kedua melakukan seting koneksi internet itu sendiri.
Untuk bagian pertama, yaitu melakukan seting modem.
Setelah Nokia PC Suite terinstall dan berhasil mendeteksi ponsel CDMA sebagai modem, maka kita lanjutkan masuk ke Control Panel, dan pilih Phone and Modem Options, kemudian pilih tab Modems. Klik modem ponsel yang kita gunakan (disini saya gunakan Nokia 2865) dan klik Properties.


Masuk pada tab Advanced, dan masukan Extra initialization commands dengan at+crm=1.

Kemudian kita menguji respon dari ponsel CDMA kita dengan masuk ke tab Diagnostics dan klik Query Modem. Jika berhasil maka akan muncul respon dari ponsel.

Sampai di sini seting modem ponsel CDMA telah selesai. Langkah berikutnya adalah melakukan seting koneksi itu sendiri.
Langkah pertama adalah membuat koneksi baru dengan masuk Control Panel dan klik Network Connection, di sini kita pilih Create a new connection.
Ikuti langkah-langkah seting sesuai dengan parameter default yang sudah ada yaitu pada Network Connection Type kita pilih Connect to the internet. How do you want to connect to the internet kita pilih Set up my connection manually. Untuk Internet Connection kita pilih Connect using a dial-up modem. Pilih ponsel yang kita pergunakan sebagai modem (di sini saya pilih Nokia 2865) pada Select a Device.
Untuk Connection Name, kita bebas mengisikan (saya gunakan nama Smart Connection)


Phone Number to Dial, kita isikan ‘#777’ (tanpa tanda petik).

Internet Account Information, kita isi User name dengan ‘smart ‘(tanpa tanda petik) dan Password ‘smart’ (tanpa tanda petik), ulangi password pada Confirm password.


Selesai sudah proses seting koneksi internet.
Langkah berikutnya adalah melakukan koneksi internet.


Jika koneksi berhasil, maka pada layar kanan bawah akan muncul teks balon koneksi yang sedang berjalan.

Tidak ada komentar: