02 November 2009

Mempercepat Internet Smart d1200


Mempercepat Koneksi atau Akses Internet Smart d1200p
Selama menggunakan layanan Internet Smart HP Modem d1200p, sebenarnya saya sudah sering melakukan oprek-oprek bagaimana cara mempercepat koneksi atau akses internet smart d1200p yang terkenal cukup lambat ini. Beberapa cara yang saya lakukan dalam meningkatkan kecepatan koneksi atau akses internet smart d1200p adalah dengan melakukan perubahan-perubahan setting configuration pada windows dan setting connection pada smart. Perubahan-perubahan yang saya lakukan adalah :
Pertama dengan mengganti Configuration Setting pada Windows seperti setting pada koneksi Internet pada umumnya yaitu dengan cara edit pada Register dari menu Run… setelah itu ketik pgedit.msc …. eh ma’af salah…. maksud saya gpedit.msc,… selanjutnya tekan Enter…. pada Computer Configuration pilih Administrative Templates lalu pilih Network selanjutnya pilih Qos Packet Scheduler kemudian pilih Limit Reservable Bandwidth (klik dua kali) selanjutnya pada menu setting ubah dari Not Configured ke Enable… dan ubah Bandwidth dari 20% ke 0%… Langkah tersebut digunakan untuk meniadakan akses bandwidth oleh System Microsoft sehingga seluruh bandwidth diharapkan dapat digunakan untuk Akses Internet (Smart) dan dapat mempercepat koneksi atau akses internet smart d1200p.
Selanjutnya untuk mempercepat Koneksi Smart jangan gunakan driver bawaan dari Smart tetapi gunakan software driver Smart yang telah di Upgrade.
Untuk Upgrade_drivernya silahkan Anda Download di_Sini….
Extract dan Install driver tersebut di komputer Anda. Namun sebelumnya silahkan Anda Remove dulu driver yang lama dari komputer Anda.
Kedua adalah dengan melakukan perubahan-perubahan setting koneksi smart yaitu pada username, password dan dial-number. Dari sini ternyata ada yang unik…. pada akses internet smart kita dapat melakukan perubahan-perubahan pada variabel tersebut dan setiap perubahan ternyata sangat berpengaruh dalam meningkatkan kecepatan akses atau koneksi internet smart d1200p. Berikut ini saya tampilkan hasil dari speedtest untuk setiap perubahan yang saya lakukan pada variabel-variabel tersebut….
1. username : smart / password : smart / dial-number : #777 (Default)

2. username : smart / password : smart / dial-number : *31*11111#

3. username : cdma / password : cdma / dial-number : #777

4. username : cdma / password : cdma / dial-number : *31*11111#

5. username : wap / password : wap / dial-number : *31*11111#

6. username : telkom / password : telkom / dial-number : 080989999

Saat melakukan oprek-oprek mempercepat akses atau koneksi internet smart hp modem d1200p… ternyata pada smart d1200p dapat digunakan dial-number Telkomnet Instant yaitu 080989999 dengan username telkom dan password telkom dan diperoleh kecepatan cukup tinggi yaitu 0,12 Mbps download dan 0,07 Mbps upload… kecepatan ini sama dengan setting smart dengan dial-number *31*11111#.
Selain itu yang unik lagi adalah… bahwa username, password dan dial-number tersebut dapat saling dikombinasikan antar setting. Selain nomor-nomor dial diatas masih ada lagi beberapa dial-number yaitu diantaranya *777#. Namun dari hasil speedtest ternyata tidak lebih cepat dari setting di atas.
Biasanya kecepatan tertinggi sering didapat pada pagi hari (menjelang subuh) sampai sekitar jam 07.00 pagi dan menjelang sore hari. Saat-saat seperti itu kecepatan sering menyentuh 0,14 Mbps untuk download dan 0,09 Mbps untuk upload… Sebuah kecepatan yang Fantastis untuk Internet Unlimited seharga Rp.50.000,-/bulan…
Namun sayang….. kecepatan download sebesar itu ternyata hanya kecepatan Browsing Download dan tidak pernah tercapai saat kita melakukan Download File kecuali dengan bantuan IDM (Internet Download Manager)…. Mungkin itu salah satu kekurangan dari koneksi smart d1200p…
Untuk file IDM (Internet Download Manager) Silahkan Download DI SINI…
Nah…. Anda tertarik untuk mencobanya…? Atau mungkin memiliki Trik dan Tip lain dalam meningkatkan kecepatan koneksi atau akses internet smart d1200p…? Silahkan sharing ke saya yach…. saya tunggu…..
Demikian mudah-mudahan bermanfaat……..


Tips Mempelancar Hp Smart

1 Votes

Setelah beberapa hari senewen dengan “lemah lunglai”, loyo dan leletnya koneksi internet HP Smart Modem D1200, eee…ternyata sekarang sudah lancar.
Semua ini berkat otak-atik mulai dari install ulang driver sampai dengan setting di koneksi. Berikut tips-tips untuk memperlancar koneksi dengan HP yang sangat murah meriah ini. [saya berterima kasih kepada someone yang aku lupa alamat weblog-nya, ini baru tak cari lagi; kalau ketemu pasti tak link. Sorry ya someone, atau anda baca ini? tolong ntar di kasih komment ya.. Yang jelas judul postingnya "Kiat Internet Haier 12GB Tanpa Hipertensi"]
Ini tak copy paste aja ya…itung2 bagi2 “kebahagian” kepada mereka2 yang punya HP Modem Smart D1200 yang pada beberapa minggu yang lalu sempat uring2an karena koneksinya yang hampir seperti jalannya keong. Atau bagi mereka yang mau beli, truis gak jadi karena dengar leletnya HP ini.
1. Pastikan signal Smart ditempat anda bagus, ada baiknya pinjem HP Smart temen dulu untuk ngetest apakah lokasi tempat anda tercover signal Smart dan lihatlah kualitas signalnya juga. Kalau signal suka main petak umpet, mending nggak usah.
2. Jangan install driver apapun dari CD bawaan paket penjualannya. Installah driver terbaru yang bisa di download di website Smart. Kalo perlu bawa flash disk sendiri untuk minta copy driver terbaru untuk OS anda saat membeli paket Haier D1200P di Gerai Smart.
3. Cobalah untuk otak-atik DNS setting nya. Cobalah untuk mengganti DNS dengan yang berikut ini:

Preferred DNS Alternate DNS
202.43.178.245 <=>202.43.178.244
208.67.222.222 <=>208.67.220.220
[ini yang nggak copy paste] Utk ngotak atik DNS ini bukalah koneksi smart anda, klik kanan, klik properties, klik networking, pada internet protocol klik properties, kemudian klik use following….dst, pada kotak2 dialog tersebut isilah dengan DNS diatas.

Tapi sebelum otak-atik DNS tersebut, sebaiknya remove dulu instalasi modem yang sdh ada. install ulang dengan driver yang di download dari website Smart secara langsung. alamat web-nya ada disini atau download langsung di sini. Setelah instalasi dengan driver baru tersebut, barulah otak atik DNS-nya. [pengalamanku DNS yang koneksinya lancar adalah DNS yang bawah]
Selamat mencoba….[sekali lagi saya terimakasih dengan someone, yang tidak tercatat alamat weblogntya]






Modem Smart Haier D1200P Super Komplit :)
Hp Smart Haier D1200P yang bisa dijadikan modem untuk internet dengan kuota 2giga/bulan GRATIS selama 6 bulan kadang memiliki permasalahan pada saat kita mulai menggunakan sampai dengan spesifikasi komputer yang dipakai (catatan hp ini adalah hp + modem termurah di Indonesia yaitu cuma Rp. 289.000 / $ 24 hehehe) .
Kayanya kalo gratisan emang begini nasibnya….nasiiiiiiiiiiib :(
eiiitsss ;) tapi ada beberapa cara untuk mengatasi koneksi internet yang bermasalah ini… :)

1. Pertama bicara masalah OS Windows mesti diakalin dulu soale Windows memakai bandwith kita 20%. Supaya cara lebih cepat caranya seperti ini :
• Klik start menu > run lalu ketik gpedit.msc
• Pada bagian computer configuration > administrative template > pilih Network.
• Pada Qos packet scheduler > Double Klik pada Limit Reservable Bandwith.
• Klik Enabled reservable bandwith dan rubah settingannya ke 0 (nol)% lalu Apply dan OK.
2. Klik start menu > run lalu ketik regedit . Pada bagian HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Servic es\Tcpip\Parameters . Isi value registry ini :
• DefaultTTL isi value 00000040
• EnablePMTUBHDetect isi value 00000000
• EnablePMTUDiscovery isi value 00000001
• GlobalMaxTcpWindowSize isi value 0005ae4c
• SackOpts isi value 00000001
• Tcp1323Opts isi value 00000003
• TcpWindowSize isi value 0005ae4c
• Restart Komputer.
3. Kalau bisa gunakan Browser Mozzila Firefox yang udah terkenal Browser Paling Cepat dan Aman …download disini http://en-us.www.mozilla.com/en-US/ dan rubah juga settingan Mozzila supaya lebih cepat pada saat browsing …..caranya :
• Buka Firefox.
• Pilih address bar ketik about:config dan enter. Jika keluar peringatan klik ok.
• Klik kanan di Firefox (di bawah Preference Name) kemudian pilih new lalu integer.
• Pada kotak dialog New integer value - Enter the preference name isi dengan nglayout.initialpaint.delay. Lalu saat kotak dialog lain muncul isi nilai/value dengan 0 (nol).
• Pada Filter Bar (Filter:) letaknya ada di bawah tab yg dibuka ketik pipelining.
• Klik dua kali (double klik) pada tulisan network.http.pipelining agar settingannya dirubah menjadi true.
• Lalu klik dua kali (double klik) pada network.http.pipelining.maxrequests setelah keluar kotak dialognya isi dengan nomor antara 10 hingga 30. Isi 30 supaya lebih maksimal.
• Restart Firefox.
4. Gunakan Wajan Kilik :) atau sejenisnya untuk meningkatkan sinyal modem anda.
5. Ada juga pengguna modem smart yang mendekatkan HP Smart nya dengan Antena TV UHF dengan kondisi TV dinyalakan atau teflon yang dilapisi alumunium foil…hampir sama kaya wajan kilik bedanya yang ini dilapisi alumunium foil.
6. Settingan Connections Smart Bukan cuma menggunakan user dan password : smart dial up ke *777 tapi bisa juga menggunakan :
user dan password : wap - dial up : 222
user dan password : cdma - dial up : *777#
dial up juga bisa ke : *99# atau *31*11111#
coba-coba aja mana yang lebih cepat dikombinasiin antara user/password dengan dial up mana aja juga bisa ko
7. Bagi menggunakan prosesor AMD dan gagal melakukan koneksi. Anda bisa gunakan driver Haier yang versi 1.3.13 di websitenya smart langsung aja buka http://www.smart.co.id/ pasti ada.
8. Gunakan Internet Accelerator seperti Cfosspeed, SpeedConnect, untuk browser gunakan FirefoxOptimizer dan untuk download gunakan Internet Download Manager (IDM) supaya meningkatkan kecepatan internet pada saat browsing dan download.
9. Disarankan oleh Smart katanya kalau sudah disconect dan akan menggunakan modem smart untuk di RESTART hpnya dan cabut baterainya…lalu pasang kembali dan lakukan koneksi ke internet. Tapi saya coba dengan mengganti connection ke yang lainya ternyata bisa ko. Misalnya yang pake user dan password smart adalah connection 1 maka pindah saja ke connection 2 dengan user dan password yang lainnya..liat no 6. Jadi bikin aja 2 connection dengan user dan password berbeda.
10. Kalau ingin browsing dan download lancar gunakan modem smart malam hari >12 malam sampai pagi saat traffic smart tidak ramai.
11. Biasanya cuaca buruk berpengaruh besar terhadap koneksi internet smart…yang satu ini belum tahu cara mengatasinya…tunggu cuaca cerah atau baik saja ;) ato komplain aja ke cs smart hehehe :) biar puas
Kalau masalah belum selesai hubungi saja Galeri Smart di kota/kab masing2 atau hub customer service di http://www.smart.co.id/.
Semoga masalah-masalah dalam penggunaan Modem Smart Haier D1200P bisa terselesaikan. amin…







Mempercepat browsing firevox.

Firefox.. salah satu browser open source yang paling yahud saat ini menurut saya. bahkan melebihi Internet Explorer bagi saya. Nah.. saya akan memberikan sedikit trik mengenai cara mempercepat Firefox anda dalam browsing di internet dengan seidikit tweak..
Warning : Saya tidak menyarankan untuk melakukan tweaking firefox anda. Tweaking ini sendiri dikeluarkan oleh pengembang firefox jadi bukan sembarang tweaking, namun resiko ditanggung sendiri karena setelah tweaking tidak ada opsi untuk mengembalikan settingan default firefox anda.
1. Untuk mempercepat browsing :
1. Ctrl+Enter, ini untuk membuka domain yang menggunakan .com. caranya adalah ketikkan nama domain kemudian klik ctrl+enter. contohnya, anda ingin membuka “www.yahoo.com” jadi ketiklah “yahoo” kemudian klik ctrl+enter
2. Shift+Enter, ini untuk membuka domain yang menggunakan .net. caranya adalah ketikkan nama domain kemudian klik ctrl+enter. contohnya, anda ingin membuka “www.telkom.net” jadi ketiklah “telkom” kemudian klik shif+enter
3. Ctrl+Shift+Enter, ini untuk membuka domain yang menggunakan .org. caranya adalah ketikkan nama domain kemudian klik ctrl+enter. contohnya, anda ingin membuka “www.dikti.org” jadi ketiklah “dikti” kemudian klik Ctrl+Shift+Enter
2. Tweeking Firefox :
1. Ketik “about:config” di firefox anda kemudian enter
2. Maka akan keluar sebuah settingan untuk tweaking firefox
3. Untuk merubahnya, klik 2 kali dan masukkan data perubahannya
4. Jika data dibawah tidak terdapat dalam settingan default firefox, klik kanan pilih New. Untuk data berupa angka, pilih Integer, untuk true/false pilih Boolean.
- Untuk pengguna DSL :
1. Set “network.http.pipelining : true”
2. Set “network.http.proxy.pipelining : true”
3. Set “network.http.pipelining.maxrequests : 64″
4. Set “nglayout.initialpaint.delay : 0″
- Untuk pengguna ADSL :
1. Set “network.http.max-connections : 64″
2. Set “network.http.max-connections-per-server : 21″
3. Set “network.http.max-persistent-connections-per-server : 8″
4. Set “network.http.pipelining : true”
5. Set “network.http.pipelining.maxrequests : 100″
6. Set “network.http.proxy.pipelining : true”
7. Set “nglayout.initialpaint.delay : 0″
- Untuk pengguna Dial Up
1. Set “browser.cache.disk_cache_ssl : true”
2. Set “browser.xul.error_pages.enabled : true”
3. Set “network.http.max-connections : 32″
4. Set “network.http.max-connections-per-server : 8″
5. Set “network.http.max-persistent-connections-per-proxy : 8″
6. Set “network.http.max-persistent-connections-per-server : 4″
7. Set “network.http.pipelining : true”
8. Set “network.http.pipelining.maxrequests : 8″
9. Set “network.http.proxy.pipelining : true”
10. Set “plugin.expose_full_path : true”
11. Set “signed.applets.codebase_principal_support : true”
12. Set “content.interrupt.parsing : true”
13. Set “content.max.tokenizing.time : 3000000″
14. Set “content.maxtextrun : 8191″
15. Set “content.notify.backoffcount : 5″
16. Set “content.notify.interval : 750000″
17. Set “content.notify.ontimer : true”
18. Set “content.switch.threshold : 750000″








Cara Cepat Smart
meski Smart sekarang sudah lumayan waras, ada trik dan cara2 lanjutan agar Smart yang sudah waras menjadi lebih kenceng koneksinya.
Langkah ini hanya digunakan untuk Smart yang koneksinya sedang waras dan setidak2nya setengah waras. Dan langkah ini tidak berlaku ketika Smart tidak waras.

Karena meskipun berusaha setengah mati untuk mempercepat koneksi Smart, namun jika koneksinya tidak waras apa gunanya. Saya teringat bahwa saya mempunyai akun di OpenDNS, sebuah perusahaan jasa penyedia DNS gratis yang bisa diandalkan kualitasnya.
Akun yang telah saya buat lebih dari satu setengah tahun itu akhirnya saya tinggalkan dan saya memilih untuk membuat akun baru di OpenDNS. Dan ternyata setelah saya menggunakan OpenDNS, kecepatan menjadi lebih cepat dan stabil jika dibandingkan ketika saya menggunakan settingan default dari Operator Smart.
Sebelum mendaftar pastikan DNS modem anda sudah diset dengan parameter DNS dari OpenDNS yaitu DNS1: 208.67.222.222 dan DNS2: 208.67.220.220. Caranya adalah dengan masuk ke Control Panel kemudian pilih Phone and Modems Options. Pilih Modems dan kemudian pilih properties dari VIA Telecom CBP USB Modem. Setelah itu pilih saja Networking. Dan pada pilihan Internet Protocol (TCP/IP), klik saja properties. Pada opsi IP Address, biarkan saja pilihan di Obtain an IP address automatically. Dan pada opsi DNS, pilih opsi use the following DNS server addresses. Kemudian isi Preferred DNS Address dengan 208.67.222.222 dan pada kotak Alternate DNS server, isi dengan 208.67.220.220. Kemudian klik OK.

Setelah itu barulah masuk ke alamat http://www.opendns.com/. Ikuti langkah registrasi sesuai dengan kategori komputer anda. Apakah sebagai Home PC, Router, atau Server. Setelah selesai, confirmation email akan dikirim ke email anda sesuai dengan alamat email pada saat registrasi akun anda. Setelah masalah konfirmasi telah selesai. Barulah kita setting akun kita di OpenDNS. Yang pertamakali kita lakukan adalah melakukan setting IP address kita. Jadi OpenDNS hanya akan bekerja jika IP address kita telah terdaftar. Jika IP address kita belum terdaftar maka meskipun DNS kita sudah kita set sesuai dengan parameter OpenDNS, hal ini tidak akan memberikan efek apapun. Jadi jika kita yang berinternetan menggunakan kartu GSM ataupun CDMA dan sering ganti2 nomor, tentunya hal ini akan merepotkan juga. Karena setiap kali kita ganti nomor, maka kita harus registrasi IP kita di network OpenDNS. Untuk registrasi IP address, kita msuk saja ke menu Networks. Disana kita akan terlihat IP address yang kita gunakan. Klik saja Add this Network. Langkah yang sama kita lakukan jika IP address kita berbeda dari yang sebelumnya kita gunakan dan belum di registrasi di Open DNS. Setelah sukses, kita dapat mensetting kemanan dari koneksi yang kita gunakan, seperti memblokir situs2 porno, situs2 mana saja yang mengandung worms, spyware, dll. Jadi selain mempercepat koneksi, OpenDNS juga berfungsi sebagai pengaman.
Bagaimana jika kita sewaktu2 tidak ingin menggunakan OpenDNS lagi? Mudah saja, tinggal masuk saja ke Control Panel kemudian pilih Phone and Modems Options. Pilih Modems dan kemudian pilih properties dari VIA Telecom CBP USB Modem. Setelah itu pilih saja Networking. Dan pada pilihan Internet Protocol (TCP/IP), klik saja properties. Pada opsi DNS, pilih saja opsi Obtain DNS server address automatically. Selesai kan, kita nggak usah susah payah untuk menghapus IP address kita di akun OpenDNS. Selamat mencoba mendapatkan akses yang semakin cepat dengan koneksi data gratisan.

Cara Mempercepat Koneksi Internet | Mozilla.
Koneksi internet yang lemot atau lamban terkadang membuat kita stres, apalagi apabila kita menggunakan koneksi internet gratis, seperti saya yang menggunakan modem hp smart (walah kalau ga di hack bisa-bisa nunggu loadingnya ampe habis 2 batang rokok wkeekek). Kesel pasti dah, bawaannya pengen ngamuk, ngabanting buku, ngelempar laptop(kelewatan ya hahahha). Maklum pekerjaan yang harusnya selesai dalam waktu 5 menit menjadi 5 jam, stres deh. Aneka tips akan memberikan cara atau tips mempercepat koneksi internet dengan cara melakukan hack pada mozilla firefox. Kali ini khusus untuk pengguna mozilla saja, karena kebanyakan dari pengguna internet menggunakan mozilla sebagai browsernya. Pengen tahu bagaimana Cara Mempercepat Koneksi Internet atau loading mozilla firefox?. Yuk baca selengkapnya...


Cara Mempercepat Koneksi Internet | Mozilla Hack :

1. Buka Mozilla.

2. Ketikan di addres bar "about:config" (tanpa tanda petik).

3. Scroll mouse anda kebawah dan cari "network.http.max-connections", double klik dan masukan nilai "64".

4. Cari "network.http.max-connections-per-server", double klik dan masukan nilai "21".

5. Cari 'network.http.max-persistent-connections-per-server", double klik dan masukan nilai "8".

6. Doube klik pada "network.http.pipelining " menjadi "true".

7. Cari "network.http.pipelining.maxrequests", double klik dan masukan nilai "100".

8. Double klik pada "network.http.proxy.pipelining" menjadi "true".

9. Langkah terakhir, klik kanan di mana saja pilih :

New >> integrar >> lalu tulis "nglayout.initialpaint.delay" (tanpa tanda petik". Kemudian masukan nilai "0".

Close Mozilla kamu, kemudian buka lagi dan bandingkan kecepatannya sebelum kamu melakukan setting tadi.
Hp Smart

Hp Smart Haier D1200P yang bisa dijadikan modem untuk internet dengan kuota 2giga/bulan GRATIS selama 6 bulan kadang memiliki permasalahan pada saat kita mulai menggunakan sampai dengan spesifikasi komputer yang dipakai (catatan hp ini adalah hp + modem termurah di Indonesia yaitu cuma Rp. 289.000 / $ 24 hehehe) .
Kayanya kalo gratisan emang begini nasibnya….nasiiiiiiiiiiib :(
eiiitsss ;) tapi ada beberapa cara untuk mengatasi koneksi internet yang bermasalah ini… :)

Oia sebelum mencoba tips2 dibawah ini saya sarankan anda me-restore point dulu system windows anda. Caranya klik start menu > all programs > Accessories > System Tools > System Restore > trus pilih create a restore point. Ntar klo perubahan pada system windows anda mengalami masalah bisa dikembalikan ke system sebelum dirubah. Silahkan dicHp Smart Haier D1200P yang bisa dijadikan modem untuk internet dengan kuota 2giga/bulan GRATIS selama 6 bulan kadang memiliki permasalahan pada saat kita mulai menggunakan sampai dengan spesifikasi komputer yang dipakai (catatan hp ini adalah hp + modem termurah di Indonesia yaitu cuma Rp. 289.000 / $ 24 hehehe) .
Kayanya kalo gratisan emang begini nasibnya….nasiiiiiiiiiiib :(
eiiitsss ;) tapi ada beberapa cara untuk mengatasi koneksi internet yang bermasalah ini… :)

Oia sebelum mencoba tips2 dibawah ini saya sarankan anda me-restore point dulu system windows anda. Caranya klik start menu > all programs > Accessories > System Tools > System Restore > trus pilih create a restore point. Ntar klo perubahan pada system windows anda mengalami masalah bisa dikembalikan ke system sebelum dirubah. Silahkan dicoba tipsnya …
1. Pertama bicara masalah OS Windows mesti diakalin dulu soale Windows memakai bandwith kita 20%. Supaya cara lebih cepat caranya seperti ini :
• Klik start menu > run lalu ketik gpedit.msc
• Pada bagian computer configuration > administrative template > pilih Network.
• Pada Qos packet scheduler > Double Klik pada Limit Reservable Bandwith.
• Klik Enabled reservable bandwith dan rubah settingannya ke 0 (nol)% lalu Apply dan OK.
2. Klik start menu > run lalu ketik regedit . Pada bagian HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Servic es\Tcpip\Parameters . Isi value registry ini :
• DefaultTTL isi value 00000040
• EnablePMTUBHDetect isi value 00000000
• EnablePMTUDiscovery isi value 00000001
• GlobalMaxTcpWindowSize isi value 0005ae4c
• SackOpts isi value 00000001
• Tcp1323Opts isi value 00000003
• TcpWindowSize isi value 0005ae4c
• Restart Komputer.
3. Kalau bisa gunakan Browser Mozzila Firefox yang udah terkenal Browser Paling Cepat dan Aman …download disini http://en-us.www.mozilla.com/en-US/ dan rubah juga settingan Mozzila supaya lebih cepat pada saat browsing …..caranya :
• Buka Firefox.
• Pilih address bar ketik about:config dan enter. Jika keluar peringatan klik ok.
• Klik kanan di Firefox (di bawah Preference Name) kemudian pilih new lalu integer.
• Pada kotak dialog New integer value – Enter the preference name isi dengan nglayout.initialpaint.delay. Lalu saat kotak dialog lain muncul isi nilai/value dengan 0 (nol).
• Pada Filter Bar (Filter:) letaknya ada di bawah tab yg dibuka ketik pipelining.
• Klik dua kali (double klik) pada tulisan network.http.pipelining agar settingannya dirubah menjadi true.
• Lalu klik dua kali (double klik) pada network.http.pipelining.maxrequests setelah keluar kotak dialognya isi dengan nomor antara 10 hingga 30. Isi 30 supaya lebih maksimal.
• Restart Firefox.
4. Gunakan Wajan Kilik :) Lihat/Klik DISINI atau sejenisnya untuk meningkatkan sinyal modem anda.
5. Ada juga pengguna modem smart yang mendekatkan HP Smart nya dengan Antena TV UHF dengan kondisi TV dinyalakan atau teflon yang dilapisi alumunium foil…hampir sama kaya wajan kilik bedanya yang ini dilapisi alumunium foil.
6. Settingan Connections Smart Bukan cuma menggunakan user dan password : smart dial up ke *777 tapi bisa juga menggunakan :
user dan password : wap – dial up : 222
user dan password : cdma – dial up : *777#
dial up juga bisa ke : *99# atau *31*11111#
coba-coba aja mana yang lebih cepat dikombinasiin antara user/password dengan dial up mana aja juga bisa ko
7. Bagi menggunakan prosesor AMD dan gagal melakukan koneksi. Anda bisa gunakan driver Haier yang versi 1.3.13 di websitenya smart langsung aja buka http://www.smart.co.id/ pasti ada.
8. Gunakan Internet Accelerator seperti Cfosspeed, SpeedConnect, untuk browser gunakan FirefoxOptimizer dan untuk download gunakan Internet Download Manager (IDM) supaya meningkatkan kecepatan internet pada saat browsing dan download.
9. Disarankan oleh Smart katanya kalau sudah disconect dan akan menggunakan modem smart untuk di RESTART hpnya dan cabut baterainya…lalu pasang kembali dan lakukan koneksi ke internet. Tapi saya coba dengan mengganti connection ke yang lainya ternyata bisa ko. Misalnya yang pake user dan password smart adalah connection 1 maka pindah saja ke connection 2 dengan user dan password yang lainnya..liat no 6. Jadi bikin aja 2 connection dengan user dan password berbeda.
10. Kalau ingin browsing dan download lancar gunakan modem smart malam hari >12 malam sampai pagi saat traffic smart tidak ramai.
11. Biasanya cuaca buruk berpengaruh besar terhadap koneksi internet smart…yang satu ini belum tahu cara mengatasinya…tunggu cuaca cerah atau baik saja ;) ato komplain aja ke cs smart hehehe :) biar puas
Kalau masalah belum selesai hubungi saja Galeri Smart di kota/kab masing2 atau hub customer service di http://www.smart.co.id/.
Semoga masalah-masalah dalam penggunaan Modem Smart Haier D1200P bisa terselesaikan. amin…
Tambahan 18 April 2009
12. Kalau bisa Automatic Updates Windows dan program2 lainnya di non-aktifkan saja. Karena akan mengganggu koneksi kita pada saat program tersebut menjalankan fitur update secara automatis. Tapi segala sesuatu ada resikonya. Mungkin pengguna antivirus yg ingin secara rutin antivirusnya di update akan terganggu.
oba tipsnya …
1. Pertama bicara masalah OS Windows mesti diakalin dulu soale Windows memakai bandwith kita 20%. Supaya cara lebih cepat caranya seperti ini :
• Klik start menu > run lalu ketik gpedit.msc
• Pada bagian computer configuration > administrative template > pilih Network.
• Pada Qos packet scheduler > Double Klik pada Limit Reservable Bandwith.
• Klik Enabled reservable bandwith dan rubah settingannya ke 0 (nol)% lalu Apply dan OK.
2. Klik start menu > run lalu ketik regedit . Pada bagian HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Servic es\Tcpip\Parameters . Isi value registry ini :
• DefaultTTL isi value 00000040
• EnablePMTUBHDetect isi value 00000000
• EnablePMTUDiscovery isi value 00000001
• GlobalMaxTcpWindowSize isi value 0005ae4c
• SackOpts isi value 00000001
• Tcp1323Opts isi value 00000003
• TcpWindowSize isi value 0005ae4c
• Restart Komputer.
3. Kalau bisa gunakan Browser Mozzila Firefox yang udah terkenal Browser Paling Cepat dan Aman …download disini http://en-us.www.mozilla.com/en-US/ dan rubah juga settingan Mozzila supaya lebih cepat pada saat browsing …..caranya :
• Buka Firefox.
• Pilih address bar ketik about:config dan enter. Jika keluar peringatan klik ok.
• Klik kanan di Firefox (di bawah Preference Name) kemudian pilih new lalu integer.
• Pada kotak dialog New integer value – Enter the preference name isi dengan nglayout.initialpaint.delay. Lalu saat kotak dialog lain muncul isi nilai/value dengan 0 (nol).
• Pada Filter Bar (Filter:) letaknya ada di bawah tab yg dibuka ketik pipelining.
• Klik dua kali (double klik) pada tulisan network.http.pipelining agar settingannya dirubah menjadi true.
• Lalu klik dua kali (double klik) pada network.http.pipelining.maxrequests setelah keluar kotak dialognya isi dengan nomor antara 10 hingga 30. Isi 30 supaya lebih maksimal.
• Restart Firefox.
4. Gunakan Wajan Kilik :) Lihat/Klik DISINI atau sejenisnya untuk meningkatkan sinyal modem anda.
5. Ada juga pengguna modem smart yang mendekatkan HP Smart nya dengan Antena TV UHF dengan kondisi TV dinyalakan atau teflon yang dilapisi alumunium foil…hampir sama kaya wajan kilik bedanya yang ini dilapisi alumunium foil.
6. Settingan Connections Smart Bukan cuma menggunakan user dan password : smart dial up ke *777 tapi bisa juga menggunakan :
user dan password : wap – dial up : 222
user dan password : cdma – dial up : *777#
dial up juga bisa ke : *99# atau *31*11111#
coba-coba aja mana yang lebih cepat dikombinasiin antara user/password dengan dial up mana aja juga bisa ko
7. Bagi menggunakan prosesor AMD dan gagal melakukan koneksi. Anda bisa gunakan driver Haier yang versi 1.3.13 di websitenya smart langsung aja buka http://www.smart.co.id/ pasti ada.
8. Gunakan Internet Accelerator seperti Cfosspeed, SpeedConnect, untuk browser gunakan FirefoxOptimizer dan untuk download gunakan Internet Download Manager (IDM) supaya meningkatkan kecepatan internet pada saat browsing dan download.
9. Disarankan oleh Smart katanya kalau sudah disconect dan akan menggunakan modem smart untuk di RESTART hpnya dan cabut baterainya…lalu pasang kembali dan lakukan koneksi ke internet. Tapi saya coba dengan mengganti connection ke yang lainya ternyata bisa ko. Misalnya yang pake user dan password smart adalah connection 1 maka pindah saja ke connection 2 dengan user dan password yang lainnya..liat no 6. Jadi bikin aja 2 connection dengan user dan password berbeda.
10. Kalau ingin browsing dan download lancar gunakan modem smart malam hari >12 malam sampai pagi saat traffic smart tidak ramai.
11. Biasanya cuaca buruk berpengaruh besar terhadap koneksi internet smart…yang satu ini belum tahu cara mengatasinya…tunggu cuaca cerah atau baik saja ;) ato komplain aja ke cs smart hehehe :) biar puas
Kalau masalah belum selesai hubungi saja Galeri Smart di kota/kab masing2 atau hub customer service di http://www.smart.co.id/.
Semoga masalah-masalah dalam penggunaan Modem Smart Haier D1200P bisa terselesaikan. amin…
Tambahan 18 April 2009
12. Kalau bisa Automatic Updates Windows dan program2 lainnya di non-aktifkan saja. Karena akan mengganggu koneksi kita pada saat program tersebut menjalankan fitur update secara automatis. Tapi segala sesuatu ada resikonya. Mungkin pengguna antivirus yg ingin secara rutin antivirusnya di update akan terganggu.


Tips Memperlancar Koneksi Internet Dengan HP Smart Modem D1200


Setelah beberapa hari senewen dengan “lemah lunglai”, loyo dan leletnya koneksi internet HP Smart Modem D1200, eee…ternyata sekarang sudah lancar.

Semua ini berkat otak-atik mulai dari install ulang driver sampai dengan setting di koneksi. Berikut tips-tips untuk memperlancar koneksi dengan HP yang sangat murah meriah ini. [saya berterima kasih kepada someone yang aku lupa alamat weblog-nya, ini baru tak cari lagi; kalau ketemu pasti tak link. Sorry ya someone, atau anda baca ini? tolong ntar di kasih komment ya.. Yang jelas judul postingnya "Kiat Internet Haier 12GB Tanpa Hipertensi"]

Ini tak copy paste aja ya…itung2 bagi2 “kebahagian” kepada mereka2 yang punya HP Modem Smart D1200
yang pada beberapa minggu yang lalu sempat uring2an karena koneksinya yang hampir seperti jalannya keong. Atau bagi mereka yang mau beli, truis gak jadi karena dengar leletnya HP ini.

1. Pastikan signal Smart ditempat anda bagus, ada baiknya pinjem HP Smart temen dulu untuk ngetest apakah lokasi tempat anda tercover signal Smart dan lihatlah kualitas signalnya juga. Kalau signal suka main petak umpet, mending nggak usah.

2. Jangan install driver apapun dari CD bawaan paket penjualannya. Installah driver terbaru yang bisa di download di website Smart. Jika sudah terinstal driver yang lama anda dapat menguninstal terlebih dahulu. Download driver terbaru

3. Cobalah untuk otak-atik DNS setting nya. Cobalah untuk mengganti DNS dengan yang berikut ini:

Preferred DNS
Alternate DNS

202.43.178.245
<=>202.43.178.244

208.67.222.222
<=>208.67.220.220


gambar:


























Utk ngotak atik DNS ini bukalah koneksi smart anda, klik kanan, klik properties, klik networking, pada internet protocol klik properties, kemudian klik use following….dst, pada kotak2 dialog tersebut isilah dengan DNS diatas.

Tapi sebelum otak-atik DNS tersebut, sebaiknya remove dulu instalasi modem yang sdh ada. install ulang dengan driver yang di download dari website Smart secara langsung. alamat web-nya ada disini atau download langsung di sini. Setelah instalasi dengan driver baru tersebut, barulah otak atik DNS-nya. [pengalamanku DNS yang koneksinya lancar adalah DNS yang bawah]
Kian hari smart terasa semakin berat saja, Masalahnya mungkin semakin banyak orang - orang yang memakai smart karena murah dan sudah 3G lebih baik dari GPRS maupun EDGE. Ada trik untuk mempercepat koneksi smart yaitu dengan menggunakan openDNS. Masalah terjadi ketika kita ingin menambahkan IP yang sedang kita gunakan ke system OpenDNS. IP kita akan selalu ditolak “Network already exists”. Hal ini mungkin terjadi karena sistem smart menggunakan koneksi dynamic (berubah-ubah). bisa jadi karena ip yang kita gunakan untuk mendaftar OpenDNS sudah pernah digunakan oleh orang lain. Hal ini juga pernah saya alami ketkan mendowload sebuah software di temapt sharing yang mencatat no ip modem kita. Sempat mencoba beberapa kali redial agar dapat IP yang beda, dengan harapan bisa didaftarkan ke sistem. Eh,,, ternyata tetep aja tidak bisa.

Ini adalah beberapa IP Smart yang pernah dicoba untuk mendaftar ke OpenDNS :
202.70.55.174
202.70.55.164 - ip ketika daftar di openDNS
202.70.55.170
202.70.55.160
202.70.55.173
202.70.55.168
202.70.55.169
202.70.55.162
202.70.55.166
202.70.55.165

Alternatifnya adalah mencoba menggunakan DNS service buatan lokal, alias made in Indonesia :). DNS service ini beralamatkan di http://nawala.org

Berikut cara menggunakan DNS Nawala di Smart ( versi windows ) :

1. Buka control panel > Network Connections.
2. Pilih koneksi smart yang sudah kita buat dan pilih properties
3. Pilih tab networking, pilih item “Internet Protokol (TCP/IP).
4. Di bagian DNS, pilih “use the following DNS Server Addressess”, dan masukkan 2 nilai ini : 203.34.118.12 dan 203.34.118.10
5. Klik OK.

Dari beberapa pengalaman yang saya coba terkadang koneksinya lebih cepat dan juga terkadang lebih lambat tetapi ada baiknya anda mencobanya alasannya adalah tidak lain dan juga tidak bukan untuk menambah pengalaman tentunya :).

Selamat mencoba semoga bermanfaat.

Selamat mencoba…
Setting Smart Dial up d1200
Selama menggunakan layanan Internet Smart HP Modem d1200p, sebenarnya saya sudah sering melakukan oprek-oprek bagaimana cara mempercepat koneksi atau akses internet smart d1200p yang terkenal cukup lambat ini. Beberapa cara yang saya lakukan dalam meningkatkan kecepatan koneksi atau akses internet smart d1200p adalah dengan melakukan perubahan-perubahan setting configuration pada windows dan setting connection pada smart. Perubahan-perubahan yang saya lakukan adalah :
Pertama dengan mengganti Configuration Setting pada Windows seperti setting pada koneksi Internet pada umumnya yaitu dengan cara edit pada Register dari menu Run… setelah itu ketik pgedit.msc …. eh ma’af salah…. maksud saya gpedit.msc,… selanjutnya tekan Enter…. pada Computer Configuration pilih Administrative Templates lalu pilih Network selanjutnya pilih Qos Packet Scheduler kemudian pilih Limit Reservable Bandwidth (klik dua kali) selanjutnya pada menu setting ubah dari Not Configured ke Enable… dan ubah Bandwidth dari 20% ke 0%… Langkah tersebut digunakan untuk meniadakan akses bandwidth oleh System Microsoft sehingga seluruh bandwidth diharapkan dapat digunakan untuk Akses Internet (Smart) dan dapat mempercepat koneksi atau akses internet smart d1200p.
Selanjutnya untuk mempercepat Koneksi Smart jangan gunakan driver bawaan dari Smart tetapi gunakan software driver Smart yang telah di Upgrade.
Untuk Upgrade_drivernya silahkan Anda Download di_Sini….
Extract dan Install driver tersebut di komputer Anda. Namun sebelumnya silahkan Anda Remove dulu driver yang lama dari komputer Anda.
Kedua adalah dengan melakukan perubahan-perubahan setting koneksi smart yaitu pada username, password dan dial-number. Dari sini ternyata ada yang unik…. pada akses internet smart kita dapat melakukan perubahan-perubahan pada variabel tersebut dan setiap perubahan ternyata sangat berpengaruh dalam meningkatkan kecepatan akses atau koneksi internet smart d1200p. Berikut ini saya tampilkan hasil dari speedtest untuk setiap perubahan yang saya lakukan pada variabel-variabel tersebut….
1. username : smart / password : smart / dial-number : #777 (Default)

2. username : smart / password : smart / dial-number : *31*11111#

3. username : cdma / password : cdma / dial-number : #777

4. username : cdma / password : cdma / dial-number : *31*11111#

5. username : wap / password : wap / dial-number : *31*11111#

6. username : telkom / password : telkom / dial-number : 080989999

Saat melakukan oprek-oprek mempercepat akses atau koneksi internet smart hp modem d1200p… ternyata pada smart d1200p dapat digunakan dial-number Telkomnet Instant yaitu 080989999 dengan username telkom dan password telkom dan diperoleh kecepatan cukup tinggi yaitu 0,12 Mbps download dan 0,07 Mbps upload… kecepatan ini sama dengan setting smart dengan dial-number *31*11111#.
Selain itu yang unik lagi adalah… bahwa username, password dan dial-number tersebut dapat saling dikombinasikan antar setting. Selain nomor-nomor dial diatas masih ada lagi beberapa dial-number yaitu diantaranya *777#. Namun dari hasil speedtest ternyata tidak lebih cepat dari setting di atas.
Biasanya kecepatan tertinggi sering didapat pada pagi hari (menjelang subuh) sampai sekitar jam 07.00 pagi dan menjelang sore hari. Saat-saat seperti itu kecepatan sering menyentuh 0,14 Mbps untuk download dan 0,09 Mbps untuk upload… Sebuah kecepatan yang Fantastis untuk Internet Unlimited seharga Rp.50.000,-/bulan…
Namun sayang….. kecepatan download sebesar itu ternyata hanya kecepatan Browsing Download dan tidak pernah tercapai saat kita melakukan Download File kecuali dengan bantuan IDM (Internet Download Manager)…. Mungkin itu salah satu kekurangan dari koneksi smart d1200p…
Nah…. Anda tertarik untuk mencobanya…? Atau mungkin memiliki Trik dan Tip lain dalam meningkatkan kecepatan koneksi atau akses internet smart d1200p…? Silahkan sharing ke saya yach…. saya tunggu…..
Demikian mudah-mudahan bermanfaat……..
Setelah Anda Setting seperti di atas,… untuk lebih mempercepat Proses Browsing dan Membuka Halaman WEB, dapat Anda gunakan Software WEB Accellerator diantaranya Slipstream… Untuk lengkapnya dapat Anda baca Klik DI SINI…

Tips Mempercepat Koneksi Internet Smart Haier D1200P
Kali ini DBonis akan memberikan Tips Mempercepat Koneksi Internet Smart Haier D1200P, pada artikel sebelumya DBonis pernah membuat artikel tentang Smart Haier D1200P ini. Setelah kurang lebih 3 bulan ini DBonis menggunakan Handphone Smart ini sebagai Modem komputer DBonis, ternyata koneksi internetnya mulai semakin lambat dan tidak seperti pada awal-awal DBonis menggunakannya. Setelah googling ke berbagai situs dan mencoba tips yang mereka sarankan, ternyata ada yang manjur juga banyak yang tidak. Dari pencarian dan percobaan yang DBonis lakukan, DBonis akan memberikan Tips Mempercepat Koneksi Internet Smart Haier D1200P berdasarkan pada percobaan yang pernah DBonis coba dan berhasil Mempercepat Koneksi Internet Smart Haier D1200P ini.
Mungkin karena Modem CDMA ini merupakan Modem plus Handphone termurah di Indonesia saat ini, ditambah awalnya Gratis selama 6 bulan dan untuk pembelian sekarang hanya gratis selama 3 bulan saja, jadi semakin banyak yang menggunakan semakin lambat koneksi internetnya... namanya juga gratis...hehehehe...
Baiklah kita mulai saja.
Tips yang akan Dbonis berikan adalah sebagai berikut:

Cepat tidaknya koneksi internet menggunakan modem handphone, tergantung dari sinyal yang diterima handphone tersebut. Jadi apabila sinyal pada smart anda kurang dari 4 bar, berarti penerimaan sinyalnya di daerah anda kurang bagus. Maklum jangkauan smart saat ini memang belum sebagus dan seluas yang lain. Kebetulan sinyal smart di daerah Dbonis cukup bagus, tidak naik turun dan mendapatkan 4 bar sinyal tetap tidak berubah-ubah. Dalam masalah sinyal ini DBonis tidak ada masalah, jadi Dbonis tidak pernah mencoba permasalahan ini. Tetapi bagi yang mempunyai masalah dengan sinyal ada Tips yang bisa dicoba, mudah-mudahan manjur yaitu dengan menggunakan wajan atau penggorengan dari alumunium, tutup panci alumunium juga bisa. Caranya:
• Letakan Handphone Smart anda pada wajan dengan letak wajan terbuka bukan ditelungkupkan ya? Seperti saat ibu kita akan menggoreng sesuatu di kompor, tentu wajannya tidak akan diletakan terbalik dunks? Dan hadapkan wajan keluar ruangan, ini berfungsi seperti antena tambahan, mungkin kayak antena parabola kali ya? Hehehehe....
• Cara lainnya adalah dengan meletakan handphone smartnya di dekat antena televisi UHF, mungkin cara ini agak susah jika antena televisi anda berada jauh di luar rumah, namun sebagian tips yang DBonis dapatkan, ada yang berhasil menambah sinyal dengan menaruhnya di atas televisi yang sedang dinyalakan. Namun kelemahannya, handphone akan cepat panas, karena panas yang dikeluarkan oleh televisi tersebut akan mempercepat handphone menjadi panas juga. Silahkan anda pilih cara yang mana yang cocok buat anda.
Cara yang kedua ini adalah setting default pada Windows. Secara default, Windows menggunakan bandwidth sebesar 20%. Untuk menggunakan bandwidth secara maximal, maka kita harus merubahnya. caranya adalah sebagai berikut:
• Klik START pada menu button, lalu klik RUN, pada kotak isian kosongnya, ketikan gpedit.msc.
• Maka akan tampil jendela Group Policy, di bagian Computer Configuration, Klik tanda (+) Administrative Templates, klik (+) Network .
• Klik pada QoS Packet Schedule, lalu lihat pada jendela sebelah kanan, double klik Limit Reservable Bandwidth.
• Maka akan muncul jendela baru Limit Reservable Bandwidth Properties, pada tab Setting, klik option Enable dan isi Bandwidth limit [%]: dengan angka 0 (nol).
• Klik OK.
Setelah cara kedua tadi selesai, maka anda bisa setting pada Registry Windowsnya. Namun sebelumnya, untuk menjaga kesalahan edit, sebaiknya anda membuat restore point pada system restore windows anda untuk menghindari Crash (Hang) karena kesalahan edit tadi, caranya klik pada START menu, lalu All Program, Accessories, system tools dan klik system restore (untuk windows XP). Jika anda menggunakan Sistem Operasi Windows lainnya, carilah dahulu cara membuat system restore ini. Setelah masuk jendela system restore, pilih create a restore point, next, pada restore point description, beri nama terserah anda, lalu klik create. Agar nantinya anda dapt mengembalikan Windows anda ke setting default sebelum anda merubah registry pada Windows. Kembali ke edit registry, caranya yaitu:
• Klik pada START menu button, lalu klik RUN, pada kotak isian kosongnya, ketikan regedit.
• Lalu masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Service\Tcpip\Parameters.
• Double klik DefaultTTL, isi valuenya dengan angka 40.
• Double klik EnablePMTUBHDetect, isi valuenya dengan angka 0 (nol).
• Double klik EnablePMTUDiscovery, isi valuenya dengan angka 1.
• Double klik GlobalMAxTcpWindowsSize, isi valuenya dengan 5ae4c.
• Double klik SackOpts, isi valuenya dengan angka 1.
• Double klik Tcp1323Opts, isi valuenya dengan angka 3.
• Double klik TCPWindowsSize, isi valuenya dengan angka 5ae4c.
• Lalu Restart komputer anda.
Jika anda masih menggunakan Browser standar Windows yaitu Internet Explorer, coba beralih ke Mozilla Firefox, browser ini lebih cepat dan aman. Anda dapat mendownload Mozilla Firefox di sini .

Anda dapat merubah Setting Koneksi pada Smart anda. Selain Username: smart dan Password: smart serta Dial Up: #777, coba anda gunakan setting koneksi yang lainnya, yaitu:
• Username: wap, Password: wap, Dial Up: 222.
• Username:cdma, Password: cdma, Dial Up: *777#
• Kombinasi untuk Username dan Password tadi bisa digunakan untuk semua dial up termasuk untuk dial up: *99# dan *31*11111# serta dial up default #777. Silahkan anda kombinasikan sendiri, yang mana yang cocok untuk anda.
Tips yang keenam ini mudah sekali, berdasarkan pemantauan DBonis, akses internet pada waktu dini hari dan pagi hari jauh lebih cepat dibandingkan jam sibuk atau di atas jam 12 siang. Bagi sobat-sobat Muslim, tentu pagi-pagi sudah bangun untuk Sholat Shubuh. Nah setelah Sholat Shubuh Sobat-sobat bisa menggunakan akses internet smart ini lebih cepat, kalo ga percaya coba aja... Hehehehe....

Selain Tips di atas, masih ada tips lainnya yang pernah DBonis coba dan manjur. Yaitu Tips Merubah Setting Mozilla firefox agar browsing lebih cepat dan Tips Mempercepat Koneksi Internet dengan Setting Modem pada Windows secara Manual. Tetapi tips ini tidak akan DBonis jelaskan di sini, karena udah cape ngetiknya nih...hehehehe.... Insya Alloh akan DBonis posting artikelnya lain.

Tidak ada komentar: